chemistry for peace not for war

hanya DIA yang dapat menghentikan hatiku

Perbedaan Laki-Laki dan Perempuan dalam Menggunakan Otak

     

      why 

      Laki-Laki :

  • Berkonsentrasi pada satu hal. Caontoh : Berbicara dengan laki-laki yang lagi nonton bola (apalagi tendangan pinalti) yakinlah anda berbicara sendiri.

  • Pandai dalam bidang matematika dan logika.

  • Dalam ilmu kimia, laki-laki tidak membayangkan struktur molekul (terutama konformasi molekul).

  • Pada laki-laki otak cenderung berkembang dan memiliki spasial yang lebih kompleks seperti kemampuan perancangan mekanis, pengukuran penentuan arah abstraksi, dan manipulasi benda-benda fisik. Tak heran jika laki-laki suka sekali mengutak-atik kendaraan.

  • Membedakan dengan jelas peran otak kanan dan kiri.

  • Kemampuan berpikirnya berkembang dan pemahaman terhadap jalan dan arah sangat tajam.

  • Saat Mencari Jalan Laki laki : pikiran berkembang, mencari jalan dengan mengikuti pemahaman akan arah. Contoh : di samping toko roti, di sebelah kiri restoran masakan cina.

  • Pelupa.

  • Gampang marah.

  • Lelaki lebih tahan rasa sakit dan stres dibanding wanita.

  • Lelaki pantang menangis. Perempuan adalah makhluk yang sangat perasa, sehingga tidak sedikit yang bertanya-tanya dan merasa heran dengan sikap pasangan yang tertutup tentang perasaannya. Hal ini barangkali disebabkan karena sejak kecil lelaki diajarkan untuk tidak mengumbar perasaannya. Akan tetapi, hal itu juga disebabkan oleh perbedaan otak lelaki dan perempuan. Amygdala adalah bagian otak yang mengontrol respon emosi manusia. Pada lelaki, amygdala hanya berkomunikasi dengan sedikit bagian otak, seperti visual cortex dan bagian otak yang bertanggung jawab atas gerakan otot. Sementara itu, amygdala pada perempuan lebih terhubung dengan bagian otak yang mengontrol bahasa. Mungkin itu sebabnya perempuan lebih terbuka membicarakan perasaannya.

  • Lelaki tidak seempati perempuan. Pada umumnya, lelaki membaca lebih sedikit kisah fiksi daripada perempuan. Selain itu, mereka juga tidak terlalu menggilai sinetron dibandingkan perempuan. Hal ini barangkali disebabkan lelaki memiliki kadar empati yang lebih rendah dibandingkan perempuan. Tanpa empati atau kemampuan menempatkan diri dalam posisi orang lain, lelaki kesulitan menyelam ke dalam karakter fiksi. Psikolog Simon Baron-Cohen mendeskripsikan otak lelaki sebagai sesuatu yang terpasang untuk sistemasi. Ketika memandang seseorang, lelaki cenderung melihat individu itu sebagai sebongkah mesin yang diatur oleh hukum pasti, dan tidak peduli dengan apa yang dirasakannya.

         

        Perempuan :

    • Bisa melakukan banyak hal dalam waktu yang sama. Contoh : berbicara dengan wanita yang sedang memasak yakinlah bahwa anda tidak dicuekin.

    • Pandai membayangkan konformasi molekul, karena sebagian besar wanita hebat dalam hal menghayal.

    • Pandai mengekspresikan pikiran dengan kalimat menggunakan banyak kosakata. Dalam sebuah penelitian disebutkan, perempuan menggunakan sekitar 20.000 kata per hari, sementara laki-laki hanya 7.000 kata

    • Struktur hubungan otak mudah bekerjasama, sehingga pada saat berpikir otak kanan dan kiri semuanya bekerja.

    • Pandai memahami arti dan motif di belakang tindakan dan intuisinya tajam.

    • Saat Mencari Jalan Perempuan : pandai mengingat kosakata, mencari jalan dengan mengingat papan nama. Contoh : diantara restoran bernama ‘Tinghoa’ dan toko rotinya ‘Bakery.’

    • Sangat mendetail dalam mengingat sesuatu. Hal ini disebabkan pusat memori (hippocampus) pada otak perempuan lebih besar ketimbang pada otak laki-laki.

    • Sabar. Hal ini disebabkan otak perempuan lebih banyak mengandung serotonin yang membuatnya bersikap tenang. Tak aneh jika wanita lebih kalem ketika menanggapi ancaman yang melibatkan fisik, sedangkan laki-laki lebih cepat naik pitam. Selain itu, otak perempuan juga memiliki oksitosin, yaitu zat yang mengikat manusia dengan manusia lain atau dengan benda lebih banyak. Dua hal ini mempengaruhi kecenderungan biologis otak laki-laki untuk tidak bertindak lebih dahulu ketimbang bicara. Ini berbeda dengan perempuan.

    • Mengasuh anak bisa membuat perempuan tenang. Menyusui bisa menghilangkan stres. Jurnal of Neuroscience pada 2005 menyatakan efek menyusui pada ibu bisa lebih menenangkan ketimbang penggunaan kokain. “Pada masa ini perempuan ingin semuanya teratur, termasuk suaminya,”

    • Perempuan selalu ingin direspon saat konflik Meski tidak suka konflik, perempuan lebih marah jika tidak diabaikan saat konflik. Hal ini disebabkan mereka lebih sensitif ketimbang laki-laki. “Buat perempuan, respons negatif lebih baik ketimbang tidak ada respon sama sekali,”

    • Bisa “Membaca Pikiran” Bukan sulap bukan sihir, ini kemampuan biologis yang didapat perempuan karena turun temurun berperan dalam mengasuh anak. Secara biologis, kaum hawa mampu lebih baik membaca petunjuk nonverbal seperti ekspresi wajah, postur, dan nada suara ketimbang laki-laki.

    • Peremouan emank bikin bingung : Bila kesalahannya diingatkankan, mukanya merah.. bila diajari mukanya merah,… bila disanjung mukanya merah, jika marah mukanya merah. Kok sama semua!!

            

              Selain itu perempuan dan laki-laki ada perbedaan juga dalam hal menggunakan mata. Berikut beberapa hal perbedaan antara mata perempuan dan laki-laki dalam keadaan normal, artinnya sama-sama tidak mengalami gangguan.

              1. Pandangan perempuan lebih melebar, pandangan laki-laki lebih tajam. Oleh sebab itu, laki-laki mampu melihat lebih jauh dibanding cewek. Tetapi hal ini merupakan suatu kekurangan, karena pasti akan ketauan jika melirik perempaun lain disaat jalan sama pacar atau istri.

              Lalu bagaimana dengan perempuan..? perempuan juga tentu sering melirik juga, tapi hal ini tidak dapat diketahui karena matanya tidak langsung tertuju pada apa yang di amati. Hal ini menguntungkan karena jika ada sesuatu yang ukurannya kecil hilang, cewek lebih cepat menemukan dibanding laki-laki. 

              Mata laki-laki yang tajam tidak terlepas dari kodrat laki-laki yang suka berburu sehingga mata laki-laki bagaikan teropong agar mampu melihat binatang-binatang buruan. Hal ini pula yang menyebabkan mata cowok jelajatan.

              2. Mata laki-laki lebih bagus dalam keadaan gelap dibanding mata perempuan.

              Jika jalan dimalam hari sebaiknya laki-laki yang menyetir agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan.

               

              Baca Juga :

              1. Kesamaan keris jawa dan samurai jepang

              2. Ternyata Tubuh Manusiapun Bercahaya

              3. Tips Bedanya Cowok Ganteng Ama Cowok Jelek !!!!

              4. Ricin Salah Satu Racun yang diTakuti Di Dunia

            About these ads

            One response to “Perbedaan Laki-Laki dan Perempuan dalam Menggunakan Otak

            1. kasamago 15 Agustus 2011 pukul 13:36

              begitulah, harus saling mengisi..

            Tinggalkan Balasan

            Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

            WordPress.com Logo

            You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

            Twitter picture

            You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

            Facebook photo

            You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

            Google+ photo

            You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

            Connecting to %s

            Ikuti

            Get every new post delivered to your Inbox.

            Bergabunglah dengan 146 pengikut lainnya.

            %d bloggers like this: