chemistry for peace not for war

hanya DIA yang dapat menghentikan hatiku

Fakta-Fakta Menarik Hidrogen

 

      Inggris-Uji-Coba-Bom-Hidrogen-57-Tahun-SilamUJI COBA BOM HIDROGEN OLEH INGGRIS

        Berikut adalah fakta-fakta menarik dari hidrogen yang merupakan salah satu unsur kimia yang sangat umum di alam.

  • Simbol kimia hidrogen adalah H. Itu adalah unsur dengan nomor atom 1, ini berarti bahwa 1 proton yang ditemukan dalam inti hidrogen.

  • Hidrogen adalah, ringan sederhana dan paling umum ditemukan unsur kimia di alam semesta, membuat sampai sekitar 75% dari massa unsurnya.

  • Hidrogen ditemukan dalam jumlah besar di planet gas raksasa dan bintang-bintang, memainkan peran dalam pembentukan bintang-bintang di jagat raya melalui reaksi fusi.

  • Hidrogen adalah satu dari dua elemen penting yang ditemukan dalam air (H2O). Setiap molekul air terdiri dari dua atom hidrogen terikat secara kovalen pada satu atom oksigen.

  • Pada 1766, selama reaksi asam logam, Henry Cavendish pertama secara resmi menemukan hidrogen. Pada 1781 ia juga menemukan bahwa hidrogen menghasilkan air ketika dibakar. Sementara Cavendish biasanya diberikan hadiah untuk penemuan hidrogen sebagai salah satu unsur. Hidrogen sebanarnya telah diperoleh para ilmuwan sebelumnya yang namun mereka tidak menyadari kalau hidrogen adalah sebagai salah satu unsur kimia yang unik.

  • Tidak sampai beberapa tahun kemudian (1783) hidrogen diberi nama oleh Lavoisier. Nama Hidrogen diambil dari bahasa Yunani dari kata hydro berarti air dan gen berarti pencipta makna.

  • Gas hidrogen memiliki rumus molekul H2. Pada suhu kamar dan tekanan standar (1atm), hidrogen adalah gas yang tidak berbau dan tidak berwarna.

  • Hidrogen dapat diperoleh sebagai cairan dibawah tekanan tinggi dan suhu yang sangat rendah 20,28 Kelvin (-252,87°C, -423,17°F). Hidrogen sering disimpan sebagai hidrogen cair karena dalam keadaan cair membutuhkan ruang kurang yang lebih kecil dibanding hidrogen dalam bentuk gas normal. Hidrogen cair juga digunakan sebagai bahan bakar roket.

  • Hidrogen teridiri dari 3 isotop yaitu Protium (isotop normal hidrogen), Deuterium (tersusun dari satu proton dan satu netron) dan Tritium (tersusun dari satu proton dan dua netron).

  • Hidrogen merupakan satu-satunya unsur kimia yang isotop-isotopnya memiliki nama tersendiri.

  • Deuterium dan Tritium biasanya digunakan sebagai bahan bakar dalam reaktor fusi nuklir.

  • Deuterium juga digunakan untuk memperlambat netron. Atom-atom tritium juga ada tapi lebih sedikit jumlahnya. Tritium juga dapat diproduksi dengan mudah di reaktor-reaktor nuklir dan digunakan pada produksi bom hidrogen (fusi). Gas hidrogen juga digunakan sebagai agen radioaktif untuk membuat cat yang bercahaya terang.

  • Hidrogen digunakan pada berbagai kendaraan sebagai bahan bakar alternatif baru. Energi kimia hidrogen diubah dengan metode pembakaran yang mirip dengan mesin saat ini atau dalam sel bahan bakar yang menghasilkan hidrogen dengan oksigen. Bahan dasar yang di gunakan untuk menghasilkan hidragen adalah air.

  • Insinyur dan produsen mobil meneliti kemungkinan menggunakan gas hidrogen sebagai bahan bakar mobil yang efisien dan layak. Salah satu kemungkinan adalah menyimpan hidrogen dalam keadaan padat (solid) dalam tangki bahan bakar mobil. Meskipun ada banyak tantangan yang terlibat dalam proses ini namun akan memungkinkan untuk penyimpanan hidrogen dalam kendaraan yang lebih besar. Hal ini memungkinkan untuk melakukan perjalanan lebih lama sebelum mengisi ulang bahan bakar.

  • Hidrogen peroksida adalah senyawa kimia dengan rumus molekul H2O2. Hidrogen peroksida sering digunakan sebagai pemutih rambut atau pembersih. Pada konsentrasi tertentu juga digunakan untuk membersihkan luka.

  • Hidrogen digunakan untuk perjalanan udara dari 1852 ketika pesawat hidrogen pertama diciptakan oleh Henri Giffard. Kemudian airships yang digunakan hidrogen disebut zeppelin dan sementara mereka dapat diandalkan dan aman untuk sebagian besar waktu penggunaan mereka dihentikan segera setelah bencana Hindenburg pada tahun 1937. Para saat itu pesawat Hindenburg hancur dalam kebakaran udara di atas New Jersey.

  • hHidrogen merupakan unsur yang digunakan oleh Neils Bohr dalam mempelajari susunan atom. Teori atom Neils Bohr merupakan teori atom modern yang telah disempurnakan oleh beberapa ahli kimia.

  • Hidrogen umumnya digunakan dalam industri perminyakan dan kimia dan juga banyak digunakan untuk fisika dan aplikasi rekayasa seperti las atau sebagai pendingin.

  • Hidrogen dapat berpotensi berbahaya bagi manusia akibat kebakaran yang dapat dimulai bila dicampur dengan udara, ketidakmampuan kita untuk bernafas dalam bentuk oksigen murni bebas dan juga dalam keadaan cair yang sangat dingin tersebut.

  • Jika berlaku sebagai sebagai ion H+ merupakan ion yang memiliki sifat asam paling kuat di dunia.

  • Suhu yang dihasilkan dari bom hidrogen lebih panas di banding panas matahari dipusat matahari.

  • Hingga saat ini belum ada satupun senyawa ionik yang mengandung ion H+

  • Bilangan oksidasi dalam kebanyakan senyawa adalah +1. Namun -1 dalam hidrida logam, misalnya dalam NaH bilangan oksidasi H adalah -1.

    About these ads

    2 responses to “Fakta-Fakta Menarik Hidrogen

    1. Pingback: Hoodia Balance Reviews

    2. bautinja 27 November 2011 pukul 21:35

      makasih udh menambah wawasan

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    Bergabunglah dengan 152 pengikut lainnya.

    %d bloggers like this: