chemistry for peace not for war

hanya DIA yang dapat menghentikan hatiku

Turritopsis nutricula: satu-satunya makhluk hidup yang abadi

clip_image002

Menurut laporan berita Rusia, beberapa ilmuwan baru-baru ini telah menemukan semacam mikroorganisme laut yang disebut “Turritopsis nutricula” mimiliki bentuk seperti ubur-ubur, mungkin adalah satu-satunya makhluk yang hidup abadi di dunia. Para ilmuwan mengatakan diameter “Turritopsis nutricula” hanya 4-5 mm, organisme yang sangat kecil ini, malah mempunyai kemampuan “kembali awet muda“.

Klasifikasi Ilmiah

       Kingdom : Animalia
       Phyllum : Cnidaria
       Class : Hydrozoa
      Ordo : Anthomedusae
      Family : Oceanidae
      Genus : Turritopsis
     Spesies : T. Nutricula

Menurut ilmuwan yang telah lama terlibat dalam penyelidikan sekitar 4.000 “Turritopsis nutricula”, hasilnya menunjukkan bahwa ubur-ubur semacam ini dapat menjadi “kembali muda” lagi, tidak ada satupun yang pernah mati karena unsur mereka sendiri. Ilmuwan menegaskan bahwa: “Turritopsis nutricula” adalah satu-satunya biologi yang ditemukan yang dapat kembali dari tahap sexual dewasa ke tahap larva. Dalam keadaan normal, ubur-ubur setelah selesai bereproduksi akan mati, namun “Turritopsis nutricula” setelah mencapai kedewasaan sexual akan kembali ke tahap muda dan kembali memulai suatu proses kehidupan yang lain, dari teori ini dapat dikatakan siklus ini akan berulang terus.

Sebagian besar ubur – ubur memiliki siklus hidup yang relatif sama. Namun, dari semua jenis ubur – ubur itu, Turritopsis Nutricula dikenal sebagai satu-satunya ubur-nubur yang memiliki kemampuan untuk kembali kedalam siklus polip ( ubur-ubur muda). Setelah dewasa, ubur-ubur ini melakukan suatu proses pengembangan sel yang disebut transdiferensiasi, dimana sel-sel lama maupun sel yang telah mati diproses kembali menjadi sel-sel yang baru dan ubur-ubur ini kembali kedalam bentuk awal ( polip ). Siklus hidup ini terus berulang dan membuat ubur-ubur selalu meregenerasi selnya, sehingga ia tidak pernah ” tua “.

Hasil percobaan yang dilakukan dengan hati – hati menunjukkan bahwa semua ubur – ubur dewasa mampu kembali ke bentuk awalnya, yaitu polip atau calon ubur-ubur. Proses transdiferensiasi ini bermula dari rusaknya tentakel dan permukaan kulit. Kemudian proses berlanjut dengan pembentukan polip sebagai regenerasi sel hewan ini.

Hasil percobaan ini menunjukkan bahwa semua spesimen yang diuji 100% dapat kembali ke siklus awal. Namun, karena proses transdiferensiasi yang begitu cepat, penelitian masih dilanjutkan untuk mengungkap rahasia lain hewan ini. Yang jelas, keberadaan hewan ini telah merubah susunan ekosistem di lautan, dengan kemampuannya dan populasi yang besar, hewan ini merupakan ancaman bagi makhluk hidup lainnya yang membutuhkan plankton sebagai sumber makanan.

Turritopsis Nutricula diyakini oleh para ilmuwan berasal dari Karibia, namun hewan ini telah menyebar di seluruh penjuru dunia. Beberapa spesies bahkan telah menyebar hingga Asia, dan sulit untuk membedakan fisik hewan ini dengan ubur-ubur lainnya. Turritopsis Nutricula paling banyak dijumpai di perairan yang beriklim tropis. Ilmuwan menduga bahwa populasi hewan ini sekarang mencapai ratusan juta ekor di seluruh dunia.

One response to “Turritopsis nutricula: satu-satunya makhluk hidup yang abadi

  1. kelik 31 Juli 2012 pukul 03:11

    terimakasih infonya .memamng cespleng

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: