chemistry for peace not for war

hanya DIA yang dapat menghentikan hatiku

Kesamaan keris jawa dan samurai jepang

clip_image002clip_image004

Apakah kedua gambar di atas miliki kesamaan?. Tentu saja jawabannya tidak. Dari warna, bentuk, ukuran, pegangan semuanyanya berbeda. Walaupun demikian keduanya tetap memiliki kesamaan jika dilihat dari unsur penyusun, kedua benda tersebut. Kesamaan dari keduanya sama-sama mengandung titanium walaupun kadarnya berbeda.

Titanium merupakan salah unsur logam transisi sangat kuat dengan simbol Ti dan nomor atom 22. Selain kuat titanium juga termasuk logam yang ringan yang memiliki warna seperti perak dan merupakan logam yang tahan korosi termasuk air laut, klorin bahkan air raja. Biasanya bahan Titanium ini banyak dipergunakan sebagai alloy karena paduan yang diperoleh sangat kuat dan ringan terutama jika dipadukan dengan dengan Besi (Fe) dan Aluminium (Al). Aloi terbentuk apabila leburan dua atau lebih macam logam dicampur atau leburan suatu logam dicampur dengan unsur-unsur nonlogam dan campuran tersebut tidak saling bereaksi serta masih menunjukan sifat sebagai logam setelah didinginkan.

Titanium baru ditemukan sebagai unsur logam mandiri pada sekitar tahun 1940 dan logam yang kekerasannya melebihi baja namun jauh lebih ringan dari besi. Kesulitan dalam membuat keris dan samurai bahan titanium adalah titik leburnya yang mencapai 60 ribu derajat celcius, jauh dari titik lebur besi, baja atau nikel yang berkisar 10 ribu derajat celcius.

Walaupun mengandung unsur yang sma keduanya memiliki perbedaan ketajaman, hal ini dimungkinkan karena adanya perbedaan langkahlangkah kerja. Seperti pemanasan saat penempaan atau penggunaan cairan pendingin yang berbeda.

2 responses to “Kesamaan keris jawa dan samurai jepang

  1. msihabudin 7 Juni 2011 pukul 10:41

    wow.. Keris..
    Keris sama samurai menang mana ya?
    Pertamax gan..

    • Emser wanibesak 7 Juni 2011 pukul 13:53

      tergantung si pemakainya gan….!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: