chemistry for peace not for war

hanya DIA yang dapat menghentikan hatiku

Perbedaan Silikon dan Silikone

        Silikon merupakan salah satu unsur kimia dengan lambang Si dan memiliki nomor atom 14 dan termasuk golongan metaloid (semilogam) dengan titik didih dan titik leleh berturut-turut adalah 2315 °C dan 1410 °C. Dalam keadaan murni silikon berupa unsur yang lunak sehingga dapat dipotong menjadi lembaran-lembaran tipis. Silikon banyak diaplikasikan pada peralatan elektronik, seperti chip komputer, semikonduktor, sel surya dan transitor.

       Sedangkan silikone merupakan suatu polimer, dimana setiap atom silikon berikatan dengan karbon, hidrogen dan oksigen. Dalam strukturnya setiap atom silikon berikatan dengan oksigen membentuk sebuah rantai panjang dengan satu atau dua atom C terikat pada atom silikon. Rantai ikatan antara silikon dan atom oksigen membentuk silikone dapat digambarkan sebagai berikut:

struktur silikone

       Rantai yang terbentuk sangat panjang dimana setiap polimer terdiri dari 100 sampai 1000 atom silikon. Ikatan yang terbentuk sangat kuat sehingga silikone sering dibuat dengan bentuk menyerupai jelly yang digunakan untuk operasi plastik yakni menggantikan bagian tubuh yang dikeluarkan. Oleh sebab itu yang digunakan untuk operasi plastik adalah silikone bukan silikon.

      Sifat lain dari silikone yaitu tidak berbau, tidak berwarna, tahan air, tahan kimia, tahan oksidasi, stabil pada suhu tinggi, dan bukan konduktor listrik. Selain itu silikone diproduksi dengan bentuk menyerupai lilin yang paling banyak dimanfaatkan dalam bidang otomotif yakni sebagai pemoles agar tampak menarik dan tetap mengkilat. Sifat mengkilat yang muncul karena sifat silikon yang dapat memanltulkan cahaya ketika dikenai sinar putih.

Beberapa kegunaan lain dari silikone yaitu digunakan sebagai pelumas, lem, penyegel, gasket, implantasi buah dada, mainan seks dan Silly Putty.

 

Lihat Juga :

1. Sampoerna Mild Bukan Basa Basi

2. Pembuatan Telur Telanjang

3. Cara Membuat Perangkap Nyamuk Sederhana

4. NiTiNOL dan AlNiCo : Aloi Yang Memiliki Ingatan dan magnet parmanen

5. Benarkah 1 + 1 = 2

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: