chemistry for peace not for war

hanya DIA yang dapat menghentikan hatiku

Adansonia Digitata : Pohon Aneh dan Unik yang Tumbuh Terbalik

    Adansonia Digitata Pohon Aneh dan Unik yang Tumbuh Terbalik

    Selain terdapat tumbuhan beracun terdapat juga pohon yang aneh dan unik. Pohon tersebut adalah Baobab dengan nama Latin Adonsonia Digitata merupakan salah satu genus adonsonia.

    Pohon ini dikatakan aneh dan unik karena pohon tersebut seperti ditanam terbalik dengan ranting-ranting mencuat ke bagian atas. dikatakan terbalik karena ranting-ranting pohon ini tampak seperti akarnya, sedangkan bagian bawah lebih besar (tampak mengembang) ketika sudah tua.

    Terdapat beberapa pendapat yang telah melegenda mengenai struktur aneh pohon tersebut. Ada yang menyatakan pohon tersebut dibuang oleh dewa Thora dari Surga ke bumi karena tidak menyukai pohon tersebut. Meskipun terbalik, tetapi baobab tetap tumbuh. Selain itu ada juga yang menyatakan pohon tersebut ditanam oleh Dewa, Namun karena terus berjalan, maka Tuhan mencabut kemudian menanam kembali dengan cara membalikannya agar berhenti berjalan.

    Baobab FruchtBuah Baobab

    Baobab hidup di Afrika dan Australia, di Indonesia pohon ini telah ditanam di depan perpustakan kampus universitas Indonesia.

    Tanaman ini dapat tumbuh sampai ribuan tahun dan hampi semua bagiannya dapat dimanfaatkan oleh manusia. Berikut beberapa manfaat dari tanaman baobab :

  • Batang : diambil kayunya, tempat perlindungan dan menympan bijian-bijian karena bagian bawah pohonnya yang berlubang, bahkan ada beberapa sumber menyatakan sebagai tempat pemakaman.

  • Kulit : kulit baobab berserat sehingga digunakan untuk pembuatan tali, jaring ikan, karung dan pakaian, sebagai bahan tambahan pemberi aroma makanan,    

  • Daun : Ragi dan sayuran.

  • Buah : membuat minyak goreng. Daging buah tanaman ini memiliki vitamin C yang lebih tinggi dibanding jeruk dan kalsium yang lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa jenis susu. Daging buah yang telah dikeringkan aman untuk dikonsumsi. Hal ini diungkapkan oleh The United States Food and Drug Administration pada tahun 2009.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: