chemistry for peace not for war

hanya DIA yang dapat menghentikan hatiku

Ikan yang Bisa Hidup Berbulan-Bulan Tanpa Air

mangrovekillifish600_thumb1Sebenarnya ada beberapa jenis ikan yang dapat bertahan hidup di daratan dalam kurun waktu tertentu. Misalnya Lele dan belut. Kedua ikan tersebut mampu bertahan hidup beberapa menit bahkan sampai beberapa jam tanpa air. 

Namun terdapat salah satu jenis ikan yang dapat bertahan hidup tanpa air sampai berbulan-bulan. Ikan tersebut adalah Mangrove Rivulus (Rivulus marmoratus) yang ditemukan ilmuwan Amerika ketika melakukan penelitian.

Ikan ini ditemukan di Amerika utara dan mampu bertahan hidup di darat maupun di dalam air. Hal ini disebabkan di darat ikan ini akan bernapas dengan kulit sedangkan di dalam air bernapas menggunakan insan.

Marmarus biasanya biasanya hidup berkelompok dan ditemukan diperairan yang berbakau dan ketika air mengering ikan ini akan tinggal dilubang-lubang yang dibuat serangga, tempurung kelapa, maupun di tumpukan-tumpukan tumbuhan.

Selain dapat dapat bertahan hidup selama berbulan-bulan Marmarus memiliki keunikan seksual. Satu spesies Marmarus memiliki testis dan ovarium (sel telur) sehingga dapat terjadi pembuahan sendiri. Berikut beberapa foto dari marmarus :

800pxMangrove_rivulus__thumb1Riv_marHerm_thumb1

treefish riv_duo_thumb1

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: