chemistry for peace not for war

hanya DIA yang dapat menghentikan hatiku

Belut Unik yang Dapat Menghasilkan Arus Listrik

 Electric_Eel

    Belut listrik atau sidak listrik memiliki nama Latin Electrophorus electricus. Belut dengan panjang hampir 3 meter (sebagian besar memiliki panjang 1 meter) dan memiliki massa hampir 25 Kg ini biasanya ditemukan di Amerika yakni sungai Amason dan sungai Maroko serta daerah-daerah disekitarnya. 

Arus listrik yang dihasilkan belut ini sangat tinggi yakni sekitar 650 volt. Bandingkan dengan sebuah baterai kecil yang menghasilkan arus sebesar 1,5 volt. Arus listrik yang dimiliki hanya dikeluarkan pada saat-saat tertentu saja. Biasanya Arus listrik yang dihasilkan digunakan untuk berburu maupun untuk mempertahankan diri dari musuhnya.

Belut listrik dapat menghasilkan arus listrik karena pada bagian ekor, terdapat sekitar 5000 buah lempengan-lempengan kecil. Lempengan-lempengan inilah yang bertindak sebagai sumber arus. Tiap lempengan menghasilkan arus listrik dalam jumlah kecil, sehingga gabungan gabungan semua lempengan-lempengan yang dimiliki akan diperoleh arus listrik yang sangat kuat.

Arus listrik yang dihasilkan sangat kuat bahkan dapat membunuh seekor anak buaya dan di Jepang digunakan untuk menyalakan pohon natal. Selain itu belut listrik juga digunakan untuk mengobati orang-orang yang mengalami gangguan jiwa.Hal ini dilakukan dengan menyentuhkan pasien ke dalam air yang ada belut listrik. Karena hal inilah penobatan ini disebut kejutan listrik.

Kini penobatan gangguan jiwa telah digunakan obat-obatan. Obat gangguan jiwa pertama kali di buat pada tahun 1988 oleh pabrik obat Elli Lilly. Obat pertama diproduksi disebut prozac. Prozac merangsang pembentukan serotin. Serotin merupakan neurotransmitter yang terletak diotak dan berfungsi menyampaikan pesan antar sel syaraf yang mempengaruhi selera makan, agresivitas dan mood seseorang.

One response to “Belut Unik yang Dapat Menghasilkan Arus Listrik

  1. dodimenulisartikel 18 Agustus 2011 pukul 14:36

    jadi serem

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: