chemistry for peace not for war

hanya DIA yang dapat menghentikan hatiku

Fulcanelli Ahli Kimia Misterius

Fulcanelli  merupakan ahli kimia Perancis abad 19. Selain sebagai ahli kimia, ia juga belajar seni dan arsitektur. Hingga saat ini nama asli Fulcanelli  belum diketahui secara pasti. Walaupun demikian terdapat dua buku yang ditulis oleh Fulcanelli dan diterbitkan di Paris yaitu

  • Le Mystère des Cathédrales (The Mystery of the Cathedrals, Misteri Katedral), pada tahun 1922.

  • Les Demeures Philosophales (Dwellings of the Philosophers, kediaman para filsuf), pada tahun 1929.

Buku ketiga tidak jadi di terbitkan yaitu Finis Gloriae Mundi (End of the World’s Glory, Akhir kemulian dunia). Judul yang diusulkan buku ini juga merupakan judul dari sebuah lukisan diawetkan di Gereja San Jorge, Rumah Sakit de la Santa Caridad di Seville, Spanyol. Karya ini, minyak pada panel kayu berukuran 220 x 216 cm, diciptakan oleh seniman Spanyol Juan de Valdes Leal tahun 1672.

Lalu mengapa Fulcanelli sangat dicari identitasnya?. Ternyata Fulcanelli merupakan satu-satunya ahli kimia yang berhasil mengubah 100 gram timah menjadi emas hanya dengan sebuah bubuk. Namun hal ini tidak dilakukan oleh Fulcanelli sendiri tetapi oleh muridnya Eugène Canseliet yang juga seorang kimiawan. Hal ini dilakukan di hadapan Julien Champagne dan Gaston Sauvage.

Eugène Canseliet

Gambar Eugène Canseliet

Menurut Louis Pauwels, Fulcanelli selamat Perang Dunia II dan menghilang sepenuhnya setelah Pembebasan Paris. Setiap upaya untuk menemukan dia gagal. Eugène Canseliet menyatakan pernah bertemu di Spanyol pada tahun 1953. Eugène Canseliet menyatakan pada saat itu seharusnya Fulcanelli telah berumur 80 tahun namun sangat aneh karena saat itu penampilannya seperti pria berumur 50 tahun. Sejak pertemuan itu, Fulcanelli tidak pernah diketahui lagi keberadaannya sampai hari ini.

Beberapa orang menyatakan Fulcanelli adalah Louis Jules Gabriel Violle fisikawan Perancis. Sepanjang hidupnya, Violle mengajar di berbagai perguruan tinggi termasuk Universitas Lyon dan Conservatoire des Arts et Métiers di Paris. Dia adalah salah satu pendiri dari Institut d’Optique théorique et appliquée dan École Supérieure d’Optique . Dia baik dan menciptakan sejumlah perangkat untuk mengukur radiasi, dan menentukan titik beku dan titik leleh dari paladium.

Ada juga yang menyatakan Fulcanelli adalah Pierre de Lesseps. Hal ini dilihat dari lambang kuda laut keluarga Lesseps yang juga ada di buku pertama Fulcanelli.

Bahkan ada yang menyatakan mungkin saja Eugène Canseliet adalah Fulcanelli yang sengaja mengaku sebagai muridnya demi menjaga keselamatannya.

3 responses to “Fulcanelli Ahli Kimia Misterius

  1. yana 7 Juni 2012 pukul 12:27

    bubuk apa ya yang digunakan?

    • Emel Seran 11 Juni 2012 pukul 19:28

      hingga saat ini masih berupa misteri

  2. fi-tan 28 Februari 2012 pukul 00:19

    Bubuknya philosopher stone bukan mas?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: