chemistry for peace not for war

hanya DIA yang dapat menghentikan hatiku

Ilmuwan Berhasil Membuat Air kering (Dry water)

air kering Gambar kristal air kering

Dalam kehidupan sehari-hari air dijumpai dalam bentuk cair dan dalam bentuk padat sebagai es. Walaupun demikian kimiawan di University of Hull-Inggris pada tahun 2006 berhasil membuat “air kering (Dry Water)” dan memiliki bentuk seperti kristal gula. Air kering sebenarnya terdiri dari 95% air cair, 5% lapisan silaka pasir. Lapisan silika inilah yang mencegah air cair bergabung membentuk cairan.

Salah satu sifat menarik dari air kering yaitu kemampuannya menyerap gas. sifat ini dapat diaplikasikasikan untuk mengangkut gas-gas dengan aman karena gas menjadi tidak reaktif yang dapat menghindari terjadinya ledakan. Air kering juga dapat digunakan untuk menyerap gas-gas rumah kaca seperti gas CO2, yang dapat menyebabkan pemanasan global. Hal ini disebabkan air kering 3 kali lebih baik dalam menyerap CO2 dibanding air biasa.

Selain untuk menyerap gas air kering dapat pula digunakan sebagai katalis. Air kering sebagai katalisator telah dipelajari oleh Dr.Ben Carter dari University of Liverpool untuk mempercepat reaksi pembuatan asam suksinat dari hidrogen dan asam maleat. Biasanya hidrogen dan asam maleat harus diaduk bersama untuk membuat asam suksinat. Namun bila menggunakan partikel air kering yang telah dicampur asam maleat, pengadukan tidak perlu dilakukan. Asam suksinat biasanya digunakan sebagai bahan baku utama untuk membuat obat, bahan makanan, dan beberapa produk lain.

 

BACA JUGA ARTIKEL-ARTIKEL BERIKUT INI:

1.  PENTINGNYA PROGRAM RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) DAN UPAYA UNTUK MENGOPTIMALKANNYA

2. Fulcanelli Ahli Kimia Misterius

3. NiTiNOL dan AlNiCo : Aloi Yang Memiliki Ingatan dan magnet parmanen

4. pesawat luar angkasa ternyata dilapisi emas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: