chemistry for peace not for war

hanya DIA yang dapat menghentikan hatiku

PENTINGNYA PROGRAM RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) DAN UPAYA UNTUK MENGOPTIMALKANNYA

      Effendy 3x4Prof.Effendy, Ph,D

       

      Undang-Undang Pendidikan Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 50 ayat 3 mengamanatkan:

      “Pemerintah Pusat melalui Departemen Pendidikan Nasional dan/atau Pemerintah Daerah menyelenggarakan satu satuan pendidikan untuk dikembangkan menjadi satuan pendidikan yang bertaraf internasional”.

      Untuk itu setiap kabupaten dan kotamadya diharapkan sedikitnya memiliki:

  • Sebuah SD Negeri atau MIN

  • Sebuah SMP Negeri atau MTsN

  • Sebuah SMA Negeri atau MAN

    yang melaksanakan program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI).  Dalam waktu maksimal 5 tahun diharapkan sekolah-sekolah tersebut sudah menjadi Sekolah Bertaraf Internasional (SBI).

     

    MAMPUKAH KITA MELAKSANAKAN PROGRAM RSBI

    Jawabnya adalah:

    “Insya Allah mampu, Tetapi perlu persiapan yang matang dan terprogram”

    Soalnya kita memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah:

    1. Calon siswa yang umumnya memiliki kemampuan intelektual yang tinggi. Hal ini terbukti dengan skor Unas dan skor rapor mereka yang tinggi.

    2. Calon siswa yang umumnya memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik. Hal ini terbukti pada waktu tes tulis dan wawancara dapat dianggap hampir semua siswa mampu memahami dan menjawab semua pertanyaan yang ada dengan baik.

    3.Kita memiliki guru yang memiliki dedikasi dan motivasi yang tinggi, serta rela berkorban demi perbaikan mutu pendidikan di republik ini.

    4.Kita punya stake holder yang insya Allah dengan “Ikhlas” akan berpartisipasi secara optimal dalam mencapai keberhasilan program RSBI asalkan sekolah betul-betul dapat memenuhi harapan mereka.

    5.Kita memiliki banyak pakar yang siap membantu pelaksanaan program RSBI.

     

    PERLUKAH KIAT-KIAT TERTENTU DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM RSBI?

    MUTLAK DIPERLUKAN

    Apa itu:

    1. Perhatian serius dari sekolah dan komite sekolah akan kebutuhan energi ekstra bagi guru-guru pelaksana program RSBI. Untuk itu honorarium harus betul-betul memadahi dan sejak dini diketahui besarnya oleh para pelaksana program SBI.

    2.Diberikannya jam pelajaran yang mencukupi untuk setiap mata matematika dan ipa. Hal ini sangat penting karena pada tahun pertama baik siswa maupun guru perlu waktu yang cukup untuk adaptasi. Adalah tidak logis bila jam pelajaran tersebut sama dengan jam pelajaran untuk program reguler. Di samping itu, isi materi mata pelajarannya cenderung lebih luas dan lebih dalam.

    3. Perlu supervisi dan dorongan moril dari kepala sekolah, baik kepada siswa maupun pada guru, secara terus-menerus. Untuk itu kepala sekolah atau petinggi RSBI yang ditunjuk harus sering mengunjungi kelas pada saat pembelajaran atau kegiatan pembimbingan guru berlangsung.

    4. Perlu suntikan motivasi yang terus-menerus dari kepala sekolah sekolah dan jajarannya kepada guru dan siswa.

    5. Perlu strategi evaluasi yang jitu. Dua atau tiga kali ulangan pertama di kelas I SD, VII SMP dan X SMA semester 1 harus menggunakan soal-soal yang tingkat kesukarannya rendah sampai sedang agar semua siswa memperoleh skor yang tinggi. Ini dapat menimbulkan keyakinan pada siswa bahwa dirinya mampu mengikuti program RSBI.

    6. Optimalisasi penggunaan bahasa Inggris di luar kelas. Siswa RSBI tidak hanya berinteraksi dengan guru-guru yang mengajarnya semata. Mereka juga berinteraksi dengan guru-guru lainnya, dengan staf pendukung sekolah, juga dengan siswa. Mengingat semua sekolah yang melaksanakan program RSBI nantinya diharapkan menjadi sekolah yang bertaraf internasional, maka semua guru, staf pendukung sekolah, dan semua siswa disarankan untuk terus-menerus menggunakan bahasa Inggris atau bahasa asing yang lain dalam berkomunikasi.

    7. Kita harus menghadapi semua kritik dengan seksama dan dengan kepala dingin, serta menggunakannya sebagai pemacu untuk memperbaiki kinerja kita.

    8. Komunikasi dengan orang tua siswa tentang perkembangan siswa di sekolah harus dilakukan secara rutin dan terbuka untuk memudahkan dalam mengatasi segala permasalahan yang ada.

    9. Kerjasama antar sekolah yang melaksanakan program RSBI mutlak harus terus dilaksanakan karena program ini dapat dianggap merupakan tugas kita semua demi meningkatkan mutu pendidikan di negara kita yang sedang terpuruk ini.

     

    Untuk memahami lebih jauh tentang Sekolah Bertaraf Internasional Silakan Download POWERPOINT berikut yang ditulis oleh dosen saya Prof.Effendy, Ph,D (Daftar Guru Besar FMIPA Universitas Negeri Malang).

    1. KIAT-KIAT MENYIAPKAN PEMBELAJARAN DALAM PELAKSANAAN PROGRAM SNBI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: