chemistry for peace not for war

hanya DIA yang dapat menghentikan hatiku

MENGUJI KEPOLARAN MOLEKUL

Untuk mengetahui apakah suatu senyawa bersifat polar atau non polar, ikuti percobaan berikut.

  • Siapkan sebuah buret dan beberapa zat yang akan dibuktikan kepolarannya.
  • Isilah buret dengan zat yang ingin diketahui sifatnya.
  • Bukalah kran buret, sehingga zat keluar pelan-pelan.
  • Dekatkan batang magnet atau penggaris plastik yang telah digosok-gosok pada kain sehingga terjadi magnet elektrostatis.
  • Amati!
  • Apabila tetesan zat ditarik ke arah magnet berarti zat itu merupakan senyawa polar demikian sebaliknya apabila zat yang keluar tidak tertari kearah magnet maka zat bersifat nonpolar.

8 responses to “MENGUJI KEPOLARAN MOLEKUL

  1. Pingback: Spektrofotometri « Alex Trisno

  2. sylvi 11 Desember 2010 pukul 11:43

    menarik untuk dico dan dikembangkan…. pak.
    makasih.

  3. sylvi 11 Desember 2010 pukul 11:41

    menarik untuk di coba dan dikembangkan… makasih.

  4. S. Hamdani 23 September 2010 pukul 21:37

    pertahankan… karena dengan menulis seperti ini akan menambah ilmu dan yang penting mempertahankan ilmu yang sudah ada, saya juga baru belajar bikin blog.
    oh ya blog ini akan saya jadikan contoh buat mahasiswa saya…
    good luck.

  5. S. Hamdani 20 September 2010 pukul 13:49

    menarik…. betul bisa kelihatan ya? sampai tingkat kepolaran seperti apa yang masih tertarik?
    belum pernah terpikirkan oleh saya, nanti saya coba

    terima kasih infonya.

Tinggalkan komentar