chemistry for peace not for war

hanya DIA yang dapat menghentikan hatiku

pesawat luar angkasa ternyata dilapisi emas

                    Emas merupakan logam transisi yang sangat tidak reaktif yang dikenal dari zaman prasejarah sampai sekarang dan memiliki nilai jual yang tinggi. Hal ini tidak terlepas dari sifatnya yang tahan korosi atau tidak mudah dioksidasi oleh oksigen maupun senyawa-senyawa yang lain di udara pada suhu kamar. Selain itu emas memiliki warna yang sangat menarik, sehingga sebagian besar diaplakasikan sebagai perhiasan.

                Namun selain digunakan sebagai perhiasan emas dapat pula diaplikasikan pada peralatan seperti TV atau komputer. Hal ini disebabkan emas memiliki sifat daya hantar listrik yang lebih tinggi dibanding logam yang lainnya. Berikut gambar Peralatan elektronik yang menggunakan emas

 

clip_image002

                  

               Selain digunakan sebagai perhiasan dan pada peralatan-peralatan elektronik, emas pun digunakan pada lapisan luar pesawat luar angkasa. Lapisan ini berfunsi untuk memantulkan kembali sinar putih yang berasal dari cahaya matahari. Sebab jika ada udara udara yang terdapat dalam pesawat maka sinar putih dari matahari akan diserap, akibatnya suhu di dalam kapal menjadi sangat panas. Tetapi dengan adanya emas hal ini dapat dihindari. Pesawat luar angkasa yang menggunakan lapisan tipis emas pada bagian luar seperti yang teretara pada Gambar:

 

clip_image004

 

                  Sifat emas yang dapat memantulkan cahaya ini maka emas sering digunakan pada jendela-jendela rumah, agar suhu di dalam kamar tetap sejuk tanpa harus menggunakan AC ataupun kipas angin. Jendela rumah yang dilapisi emas dapat dilihat pada gambar:

clip_image006

3 responses to “pesawat luar angkasa ternyata dilapisi emas

  1. anasjoy 11 Januari 2013 pukul 20:47

    emas buat jendela rumah, apa gak kemahalan, dan apa gak takut dicuri orang? jehehe

  2. mia 11 November 2010 pukul 17:01

    woow……….ternyata emas sangat berharga sekali….trims infonya

Tinggalkan komentar