chemistry for peace not for war

hanya DIA yang dapat menghentikan hatiku

Ricin Salah Satu Racun yang diTakuti DiDunia

Risin merupakan suatu protein globular dengan bobot molekul 66 kDa (kilo dalton) tersusun atas dua buah rantai yang saling berhubungan, yaitu rantai A (32 kDa) dan rantai B (32 kDa). Kedua rantai penyusun risin adalah suatu glikoprotein, protein yang mengikat gugus karbohidrat manosa. Keduanya secara kovalen dihubungkan oleh jembatan disulfida. Ditinjau dari segi fungsinya, kedua rantai penyusun risin berbeda satu sama lain. Rantai A memiliki aktivitas toksik karena dapat menghambat sintesis protein. Sedangkan rantai B berfungsi mengikat reseptor permukaan sel yang mengandung galaktosa.

Risin dialam ditemukan dalam biji jarak (Ricinus comunis). walaupun Minyak jarak digunakan sebagai bahan tambahan makanan dalam permen dan coklat. namun demikian kita tidak perna keracunan,, karena ricin yang terkadung dalam biji jarak ketika diekstraksi untuk memperoleh minyaknya, molekul ricin tidak bercampur dengan dengan minyak sehingga terbuang sebagai hasil samping.

Pada manusia, 500 µg risin dapat menimbulkan kematian setelah 36-72 jam. 500 µg apakah jumlah yang banyak!! coba dihitung, jika:
1 mikrogram (μg) = 0.001 milligram
1 milligram = 0.001 gram
1 gram = 1000 milligram

Gejala yang ditimbulkan risin cukup beragam bergantung pada jalur masuk molekul ini ke dalam tubuh. Gejala yang timbul apabila kita terpapar risin melalui jalur udara (pernafasan) adalah batuk, kesulitan bernafas, demam, mual, muntah, kulit berwarna kebiru-biruan, dan tekanan darah rendah. Terpapar risin melalui jalur pencernaan (mulut) akan menimbulkan gejala awal seperti diarrhea, dehidrasi, tekanan darah rendah, halusinasi, dan darah dalam urin. Sedangkan apabila bubuk risin mengenai mata dan kulit, maka akan menimbulkan mata merah dan rasa sakit pada mata dan kulit.
perlu diketahui bahwa Sampai saat ini, obat yang efektif untuk mengatasi keracunan akibat risin pada manusia belum ditemukan dan sekarang masih dalam tahap penelitian. walaupun belum ditemukan penangkal racun risin yang daya racunnya 6.000 kali lembih kuat ketimbang sianida, kini para ilmuwan sedang melakukan penelitian untuk menggunakan risin sebagai antibodi terhadap beberapa penyakit misalnya tumor, kerusakan sumsum tulang, dan AIDS.

Daftar Pustaka
Chem-Is-Try.Org dan beberapa sumber lain.

1 responses to “Ricin Salah Satu Racun yang diTakuti DiDunia

  1. andromeda 9 Januari 2013 pukul 22:54

    terima kasih infonya. artikel Anda sangat membantu saya dalam skripsi dengan pokok bahasan pengawetan kayu dengan memasukkan ekstrak biji jarak dalam kayu.
    Share our knowledge is more than share our money to others.
    Terima kasih

Tinggalkan komentar